Tantangan Pelayanan Publik dalam PembuatanKtp Elektronik di Kecamatan Dayeuhluhur,KabupatenCilacap, Jawa Tengah di Masa Pandemi Covid-19
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini membahas tantangan yang sedang dihadapi pemerintah
Kecamatan Dayeuhluhur dalam memberikan pelayanan publik khususnya dalam
perekaman KTP elektronik di tengah Wabah Covid 19. Penelitian ini juga
bertujuan untuk memberikan solusi terkait dengan bagaimana pemerintah
memberikan pelayanan terbaik dalam pembuatan perekaman KTP elektronik
agar tetap berjalan namun juga tetap bisa melindungi masyarakat agar tidak
tertular virus Covid 19. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah
metode kualitatif dan untuk teknik pengumpulan data primer, peneliti
melakukan observasi dan wawancara melalui telfon dengan aparatur pelaksana
perekaman KTP Elektronik di Kecamatan Dayeuhluhur selain itu juga dalam
pengumpulan data sekunder, peneliti memperoleh data melalui dokumen
dokumen resmi dari instansi terkait dan juga menggunakan penelusuran studi
pustaka (Library Research) baik dari berita online maupun dari situs resmi
kecamatan Dayeuhluhur. Data-data yang di peroleh, kemudian di analisis secara
deskriptif. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa Pemerintah Kecamatan Dayeuhluhur mempunyai solusi dalam memberikan pelayanan
publik khususnya dalam perekaman KTP Elektronik ditengah wabah Covid 19
dan juga memberikan pelayanan rasa aman terhadap Masyarakat dan aparatur
yang bertugas di masa pandemik virus Covid 19.
Article Details
References
April 2021 pukul 21.30WIB, dari https://disdukcapil.
Cilacapkab.go.id/pelayanan/ktp-el/jdih.cilacapkab.go.id (15 April 2019).
Diakses pada tanggal 10 April 2021 pukul 22.15 WIB. Dari
http://jdih.cilacapkab.go.id/download/prokum/LD_Perda_Clp_2015_01.pd f
Furkon, A. A. (2018). Kualitas Pelayanan Pegawai Dalam Pembuatan E-KTP di Dinas
Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Merangin. Jambi: Fakultas Syariah UIN
Sulthan Thata Saifuddin Jambi.
Haqie, Z. A., Nadiah, R. E., & Ariyani, O. P. (2020). Inovasi Pelayanan Publik Suroboyo Bis di Kota
Surabaya. ournal of Public Sector Innovations, Vol. 5, No. 1 , 1.
nasional.kompas.com (18 Mei 2020). Diakses Pada tanggal 13 April 2021 pukul
22.45 WIB. Dari https://
nasional.kompas.com/read/2020/04/08/20492411/layanan- administrasikependudukan-dilakukan-online-sampai-pandemi-covid-19?page=all
Nugroho D, Riant. 2003. Kebijakan Publik : Formulasi, Implementasi dan Evaluasi. Jakarta : Elex
Media Komputindo
ombudsman. (2020). diakses Juni 25, 2021, from Dampak Pandemi Covid-19 Bagi
Penyelenggaraan Pelayanan Publik: https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--
dampak-pandemi-covid-19-bagi-penyelenggaraan-pelayanan-publik.
ombudsman.go.id (24 Juni 2020). Diakses pada 14 April 2021 pukul 23.45 WIB. Dari
https://ombudsman.go.id/artikel/r/arti kel--tantangan-pelayanan-publik-dalammasa-adaptasi-kebiasaan-barupolicy.paramadina.ac.id. Diakses Pada 14 April 2021 pukul 23.15 WIB.Dari
https://policy.paramadina.ac.id/tantangan dalam-pelayanan-publik-kita- kini
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta
Surat yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen
Dukcapil) Kemendagri nomor 443.1/2978/Dukcapil per 16 Maret 2020 lalu
yang berisi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)
Suyanto, Bagong. 2005. Metode Penelitian Sosial : Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta:
Prenada Media.
Syafrida. (2020). Bersama Melawan Virus Covid 19 di Indonesia. Salam Jurnal Sosial Budaya
Syari, 498-499.
Uchana, Onong. 1989. Kamus Komunikasi. Bandung : CV. Mandar Maju
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
Utami, T. S. (2021). Optimalisasi Pelayanan Publik Selama Masa Pandemik Covid 19 dalam
mewujudkan clean and good governance di kota Semarang. Jurnal juristic, 2.
Widibudiarti, L. S., & Hartono, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan E-KTP Terhadap Kepuasan
Masyarakat. Fakultas Ilmu Administrasi, U niversitas 17 Agustus.