Main Article Content

Abstract

Penelitian ini membahas tantangan yang sedang dihadapi pemerintah
Kecamatan Dayeuhluhur dalam memberikan pelayanan publik khususnya dalam
perekaman KTP elektronik di tengah Wabah Covid 19. Penelitian ini juga
bertujuan untuk memberikan solusi terkait dengan bagaimana pemerintah
memberikan pelayanan terbaik dalam pembuatan perekaman KTP elektronik
agar tetap berjalan namun juga tetap bisa melindungi masyarakat agar tidak
tertular virus Covid 19. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah
metode kualitatif dan untuk teknik pengumpulan data primer, peneliti
melakukan observasi dan wawancara melalui telfon dengan aparatur pelaksana
perekaman KTP Elektronik di Kecamatan Dayeuhluhur selain itu juga dalam
pengumpulan data sekunder, peneliti memperoleh data melalui dokumen
dokumen resmi dari instansi terkait dan juga menggunakan penelusuran studi
pustaka (Library Research) baik dari berita online maupun dari situs resmi
kecamatan Dayeuhluhur. Data-data yang di peroleh, kemudian di analisis secara
deskriptif. Hasil dalam penelitian ini menunjukan bahwa Pemerintah Kecamatan Dayeuhluhur mempunyai solusi dalam memberikan pelayanan
publik khususnya dalam perekaman KTP Elektronik ditengah wabah Covid 19
dan juga memberikan pelayanan rasa aman terhadap Masyarakat dan aparatur
yang bertugas di masa pandemik virus Covid 19.

Keywords

Pelayanan Publik KTP Elektronik Covid-19

Article Details

References

  1. disdukcapil.cilacapkab.go.id (10 September 2020). Pelayanan KTP el. Diakses pada tanggal 09
  2. April 2021 pukul 21.30WIB, dari https://disdukcapil.
  3. Cilacapkab.go.id/pelayanan/ktp-el/jdih.cilacapkab.go.id (15 April 2019).
  4. Diakses pada tanggal 10 April 2021 pukul 22.15 WIB. Dari
  5. http://jdih.cilacapkab.go.id/download/prokum/LD_Perda_Clp_2015_01.pd f
  6. Furkon, A. A. (2018). Kualitas Pelayanan Pegawai Dalam Pembuatan E-KTP di Dinas
  7. Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Merangin. Jambi: Fakultas Syariah UIN
  8. Sulthan Thata Saifuddin Jambi.
  9. Haqie, Z. A., Nadiah, R. E., & Ariyani, O. P. (2020). Inovasi Pelayanan Publik Suroboyo Bis di Kota
  10. Surabaya. ournal of Public Sector Innovations, Vol. 5, No. 1 , 1.
  11. nasional.kompas.com (18 Mei 2020). Diakses Pada tanggal 13 April 2021 pukul
  12. 22.45 WIB. Dari https://
  13. nasional.kompas.com/read/2020/04/08/20492411/layanan- administrasikependudukan-dilakukan-online-sampai-pandemi-covid-19?page=all
  14. Nugroho D, Riant. 2003. Kebijakan Publik : Formulasi, Implementasi dan Evaluasi. Jakarta : Elex
  15. Media Komputindo
  16. ombudsman. (2020). diakses Juni 25, 2021, from Dampak Pandemi Covid-19 Bagi
  17. Penyelenggaraan Pelayanan Publik: https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--
  18. dampak-pandemi-covid-19-bagi-penyelenggaraan-pelayanan-publik.
  19. ombudsman.go.id (24 Juni 2020). Diakses pada 14 April 2021 pukul 23.45 WIB. Dari
  20. https://ombudsman.go.id/artikel/r/arti kel--tantangan-pelayanan-publik-dalammasa-adaptasi-kebiasaan-barupolicy.paramadina.ac.id. Diakses Pada 14 April 2021 pukul 23.15 WIB.Dari
  21. https://policy.paramadina.ac.id/tantangan dalam-pelayanan-publik-kita- kini
  22. Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta
  23. Surat yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil (Ditjen
  24. Dukcapil) Kemendagri nomor 443.1/2978/Dukcapil per 16 Maret 2020 lalu
  25. yang berisi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)
  26. Suyanto, Bagong. 2005. Metode Penelitian Sosial : Berbagai Alternatif Pendekatan. Jakarta:
  27. Prenada Media.
  28. Syafrida. (2020). Bersama Melawan Virus Covid 19 di Indonesia. Salam Jurnal Sosial Budaya
  29. Syari, 498-499.
  30. Uchana, Onong. 1989. Kamus Komunikasi. Bandung : CV. Mandar Maju
  31. Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik
  32. Utami, T. S. (2021). Optimalisasi Pelayanan Publik Selama Masa Pandemik Covid 19 dalam
  33. mewujudkan clean and good governance di kota Semarang. Jurnal juristic, 2.
  34. Widibudiarti, L. S., & Hartono, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan E-KTP Terhadap Kepuasan
  35. Masyarakat. Fakultas Ilmu Administrasi, U niversitas 17 Agustus.

Most read articles by the same author(s)